Thursday, December 13, 2012

Qona'ah

Salah satu cabang iman yang harus menghiasi diri seorang muslim yaitu qona'ah. Dalam arti singkat qona'ah berarti cukup, tidak merasa kekurangan. Menurut Abu Zakaria Bustami, qona'ah adalah merasa cukup dengan apa yang telah dimilikinya, yang sudah dapat memenuhi kepentingannya, berupa makanan, pakaian dan yang lainnya.

Maksudnya, bila seseorang mencari kebutuhan hidup, maka apa yang telah diterimanya dari Allah ia terima dengan perasaan cukup. Ia tetap senang dan menghargai apa yang telah diberikan kepadanya, dan ia tidak mengumpat Allah. Abu Sulaiman Durani mengatakan bahwa qona'ah itu adalah merupakan bagian dari sikap ridho.

Islam menganjurkan umatnya bersifat Qona'ah karena dengan qona'ah seseorang terhindar dari berbagai sifat buruk seperti, serakah, dengki, cinta dunia, kegelisahan, kikir dan sombong. Berikut hadist Rasulullah saw. "Hendaklah kamu wara' agar kamu menjadi orang yang paling banyak beribadah, dan hendaklah kamu bersifat qona'ah, agar kamu menjadi orang yang lebih banyak bersyukur." Hadist beliau yang lainnya berkenaan dengan qona'ah, "Qona'ah itu adalah harta yang tidak pernah habisnya." (Al-Hadits).

Berdasarkan dua hadits diatas, jelas islam menganjurkan agar umatnya bersifat qona'ah karena qona'ah memiliki banyak hikmah, diantaranya:
  1. Mendatangkan ketenangan.
  2. Memperkuat iman.
  3. Mendekatkan diri pada Allah.
  4. Memelihara hubungan dengan Allah.
  5. Memelihara hubungan dengan sesama.
  6. Menjauhkan diri dari kesibukan dunia yang fana.
  7. Dapat mengatur dan mengurus urusan akhirat.
Untuk itu marilah kita hiasi diri dengan qona'ah.


Kajian Terkait:

No comments:

Post a Comment